Hunian Nyaman Para Lansia

Jakarta (Lokapalanews.com) – Hunian layak berupa rumah susun (Rusun) yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak hanya menyasar generasi muda dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Salah satu dari ratusan Rusun yang dibangun sejak 2015 itu, dikhususkan untuk para orang lanjut usia (Lansia).

Lokasinya ada di Cibubur, Jakarta Timur. Rusun tersebut dilengkapi dengan fasilitas lengkap sehingga mereka bisa tinggal dengan layak dan nyaman. Salah seorang penghuni Rusun Lansia tersebut adalah Indira Larasati (82 tahun).

Indira, pensiunan guru salah satu SMA di Madiun, Jawa Timur tersebut, menyatakan senang tinggal di rusun tersebut. Selain fasilitasnya lengkap, desain bangunan dan lansekap yang tertata dengan baik juga membuat para Lansia merasa betah tinggal di Rusun tersebut.

“Saya betah tinggal di Rusun ini, soalnya fasilitasnya lengkap dan petugas yang berjaga juga sangat ramah dan baik. Di setiap kamar juga sudah ada tempat tidur serta kasur dan bantal, lemari pakaian, meja dan kursi makan serta kamar mandi yang bersih dalam unit huniannya,” ujarnya saat ditemui di sela-sela kegiatannya di Rusun Lansia Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (30/5).

Wanita yang sudah tinggal di panti jompo selama 16 tahun tersebut meminta pemerintah untuk lebih memperbanyak pembangunan Rusun untuk para Lansia di berbagai kota di Indonesia. Pasalnya, keberadaan para Lansia mau tidak mau juga harus menjadi perhatian mengingat jumlahnya juga semain meningkat setiap tahun.

“Kalau bisa Rusun Lansia seperti ini ada di berbagai kota di Indonesia. Para lansia juga perlu hunian yang layak dan nyaman,” terangnya, dilansir dari InfoPublik.

Hal senada juga disampaikan oleh Lansia lainnya bernama Ida Ismail Nasution (78 tahun). Dirinya mengaku tinggal di Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan bersama suaminya Nazaruddin Nasution (82 tahun) sejak tiga tahun lalu.

Ida menjelaskan, tinggal di panti jompo pada dasarnya bukan berarti menjadi orang tua yang tidak mendapat perhatian dari anak-anaknya. Akan tetapi hal itu juga menjadi pilihan orang tua supaya mereka bisa menjalani masa tua bersama para Lansia lainnya.

“Kami senang pemerintah juga memberikan perhatian berupa pembangunan Rusun bagi para Lansia seperti kami ini. Kami juga senang karena anak – anak dan cucu juga bisa datang ke sini dan kami harap pemerintah bisa memberikan keringanan dalam tarif listrik dan air khusus bangunan Rusun Lansia ini,” katanya.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, menjelaskan salah satu peruntukkan Rusun yang dibangun oleh Kementerian PUPR adalah untuk para Lansia. Kementerian PUPR juga berharap mereka tetap bisa menikmati masa tua dengan tinggal di hunian layak dan nyaman dengan berbagai fasilitas pendukung yang ada.

“Rusun Lansia Sasana Tresna Werdha Karya Bhakti merupakan Rusun yang diperuntukkan bagi para orang lanjut usia (Lansia). Rusun yang dibangun pada 2015 ini adalah Rusun khusus Lansia pertama yang dibangun oleh Kementerian PUPR,” katanya.

Iwan menambahkan, pada Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 yang diperingati setiap tanggal 29 Mei 2023, Kementerian PUPR juga menyerahkan dokumen Berita Acara Serah Terima (BAST) Aset Rusun Lansia Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan kepada Yayasan Karya Bhakti RIA Pembangunan untuk dapat dikelola sepenuhnya untuk tempat tinggal para lansia. *

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.