ASN Runner Collaborun Wonderful Run Semarakkan Sport Tourism Indonesia

Penyelenggaraan ASN Runner Collaborun Wonderful Run menyemarakkan dan menghidupkan sport tourism atau wisata olahraga khususnya di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Jakarta (Lokapalanews.com) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan ASN Runner Collaborun Wonderful Run yang turut menyemarakkan dan menghidupkan sport tourism atau wisata olahraga khususnya di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para ASN atas semangatnya berpartisipasi dalam acara ASN Runner Collaborun Wonderful Run. Ini membangkitkan minat pariwisata berbasis olahraga di kalangan ASN antarinstansi,” kata Menparekraf Sandiaga usai melakukan flag off sekaligus mengikuti ASN Runner Collaborun Wonderful Run yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Minggu (18/2).

banner 728x250

Menparekraf Sandiaga Uno melakukan flag off ASN Runner Collaborun Wonderful Run di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Minggu (18/2).

ASN Runner Collaborun Wonderful Run merupakan kegiatan fun run sejauh tujuh kilometer yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan komunitas Parekraf Runners, ASN Runners, ASNation, dan ASN Olahraga. ASN Runner Collaborun Wonderful Run ini diikuti oleh ASN dari berbagai komunitas lari lintas instansi kementerian/lembaga dengan rute melewati jalur car free day (CFD) kawasan Jalan Sudirman – Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Sandiaga mendorong event seperti ini digelar secara konsisten untuk menggaungkan sport tourism dan menjadi contoh bagi pemerintah daerah menggelar event sport tourism.

“Sekarang sport tourism telah menjadi salah satu tren pariwisata minat khusus bagi wisatawan selain mancanegara juga nusantara. Sehingga diharapkan mampu menggerakan wisnus (wisatawan nusantara) dan mendatangkan wisman (wisatawan mancanegara) sebanyak banyaknya. Jadi saya berharap ini meningkatkan awareness kita untuk membuat event-event yang lebih bagus lagi,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan, event sport tourism yang akan berlangsung sepanjang tahun 2024 akan memberikan dampak positif terhadap target wisman sebanyak 14,3 juta kunjungan dan target ekonomi kreatif sebesar Rp1.300 triliun.

“Kalau kita lihat tahun ini akan banyak sekali event-event sport tourism yang bersifat internasional, nasional, atau sekelas daerah digelar. Bulan depan akan ada F1 Powerboat di DSP Danau Toba, penyelenggaraan MotoGP di Mandalika di penghujung tahun, dan juga event triathlon, duathlon, hingga marathon, serta event olahraga lainnya di berbagai daerah. Kami memprediksi ada peningkatan hingga 20 persen untuk pertumbuhan sport tourism di Indonesia pada tahun ini. Ini artinya memang sudah saatnya kita garap secara spesial sport tourism ini,” kata Sandiaga.

Sport tourism atau wisata olahraga juga memiliki pasar sangat besar yang akan memberikan multiplier effect pada kegiatan ekonomi masyarakat. Seperti pelaksanaan MotoGP yang secara total mendatangkan perputaran ekonomi sebesar Rp4,5 triliun.

Dalam kesempatan ini, ASN Runner Collaborun Wonderful Run mengajak dr. Tirta seorang dokter dan publik figur untuk berpartisipasi lari bareng Menparekraf.

Turut hadir berpartisipasi dalam ASN Runner Collaborun Wonderful Run, para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. *

 

 

 

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.