Aparat Gabungan Lumpuhkan KKB Penembak Pesawat Wings Air di Yahukimo

*Satu Ditembak Mati, Dua Orang Ditangkap

Aparat gabungan TNI-Polri berhasil melumpuhkan 1 (satu) orang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dalam keadaan meninggal dunia dan menangkap 2 (dua) orang KKB.

Jayapura (Lokapalanews.com) – Aparat gabungan TNI-Polri berhasil melumpuhkan 1 (satu) orang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dalam keadaan meninggal dunia dan menangkap 2 (dua) orang KKB.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian yang terjadi di Kali Braza II Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Kamis (22/2/2024) sekitar 12.05 wit.

banner 728x250

Kabid Humas mengatakan kejadian saat personel TNI Satgas Yon 7 Marinir melakukan pemantauan udara menggunakan drone terlihat pergerakan dari KKB dan terpantau membawa 1 pucuk senjata api laras panjang.

“Pada pukul 12.05 wit terjadi kontak antara TNI dan KKB selama satu jam, kemudian Tim gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz dibawah Pimpinan Padal III Satgas Gakkum Damai Cartenz AKP Budi Basrah, S.H dan Kasat Reskrim Polres Yahukimo Iptu Dr. Tantu Usman, S.H, M.H, menuju TKP guna sterilisasi dan evakuasi,” kata Kabid Humas.

Dalam kontak tembak tersebut, aparat keamanan bisa melumpuhkan satu orang KKB dalam keadaan meninggal dunia dan 2 orang KKB berinisial MH (15) dan BG (15) ditangkap saat akan melarikan diri.

“Tim Gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz bergerak dari TKP Kali Braza menuju Polres Yahukimo membawa 2 orang yang diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan membawa 1 Orang MD ke RSUD Dekai,” ungkap Kabid Humas.

Adapun barang bukti yang diamankan antara lain 2 (dua) buah magazen SS1, 74 (tujuh puluh empat) butir amunisi dengan Cal. 5.56 mm, 1 (satu) buah noken bermotif Bintang Kejora, uang pecahan Rp. 50.000,- sejumlah Rp. 2.950.000, uang pecahan Rp. 100.000, 1 (satu) unit Handphone merek OPPO berwarna hitam dan 1 (satu) unit handphone merek OPPO berwarna hitam.

“Saat ini 2 (dua) orang yang diamankan saat kontak tembak tersebut saat ini dalam pemeriksaan dan pendalamanan Sat Reskrim Polres Yahukimo,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto, mengatakan saat ini aparat gabungan TNI-Polri menggencarkan patrol disekitaran Kota Yahukimo.

“Aparat gabungan saat ini tengah menggencarkan patroli di sekitaran Kota Yahukimo guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” ucap Kapolres Yahukimo. *

 

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.