Kampung Inggris di Indonesia, Berperan Ciptakan Bibit Unggul di Sektor Pariwisata

Selain terkenal memiliki desa wisata yang terkenal dengan keindahan alam dan keragaman budayanya, Indonesia turut dikenal sebagai negara dengan deretan kampung-kampung kreatif yang berdaya saing. Salah satu kampung kreatif di Indonesia yang terkenal unik dan menjadi daya tarik banyak wisatawan adalah Kampung Inggris.

Jakarta (Lokapalanews.com) – Selain terkenal memiliki desa wisata yang terkenal dengan keindahan alam dan keragaman budayanya, Indonesia turut dikenal sebagai negara dengan deretan kampung-kampung kreatif yang berdaya saing. Salah satu kampung kreatif di Indonesia yang terkenal unik dan menjadi daya tarik banyak wisatawan adalah Kampung Inggris.

Sesuai dengan namanya, Kampung Inggris adalah sebuah “kampung” yang mengharuskan seluruh orang-orang yang berada di di kampung tersebut berbicara menggunakan bahasa Inggris. Tujuannya agar kemampuan berbahasa Inggris setiap orang yang datang terasah dan berkembang dengan baik.

banner 728x250

Fakta menariknya, mungkin selama ini Sobat Parekraf hanya tahu Kampung Inggris di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur saja. Nyatanya, banyak Kampung Inggris lainnya di Indonesia yang cukup populer dan terkenal telah melahirkan bibit-bibit unggul dan berdaya saing berbekal kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Beberapa Kampung Inggris yang tersebar di Indonesia, antara lain: Kampung Inggris Sulawesi Selatan (Kelurahan Tomenawa, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang), Kampung Inggris Bandung atau Desa Inggris (Kota Bandung), Kampung Inggris Sumatra Barat atau Harau Valley English School (Lembah Harau), dan Kampung Inggris Kalimantan Selatan (Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala).

Kenapa Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris?

Mungkin masih bertanya-tanya: Kenapa kita belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris? Lalu, apa bedanya belajar di Kampung Inggris dengan tempat les bahasa Inggris lainnya?

Sebenarnya, kita bisa saja memilih lokasi belajar bahasa Inggris sesuai keinginan. Hanya saja, belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris memberikan pengalaman yang lebih seru dan berkesan. Mengingat, kegiatan belajar di kampung kreatif ini tidak akan terasa membosankan. Pasalnya, kita bisa sekaligus berlibur sambil menjalin relasi dengan banyak orang baru di Kampung Inggris.

Meski harus mengikuti jam pembelajaran yang lebih intensif dibandingkan tempat kursus les bahasa Inggris, sistem belajar di Kampung Inggris tidak akan terasa menyeramkan. Mengingat, kita akan dibiasakan untuk terus berkomunikasi dalam bahasa Inggris saat ngobrol dengan teman-teman lainnya dan warga sekitar, tanpa khawatir dihakimi karena tidak lancar berbahasa Inggris. Dengan begitu, kita akan jauh percaya diri dan lebih cepat lancar berbicara dalam bahasa Inggris.

Alasan lain kenapa Sobat Parekraf harus belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris, karena harganya yang jauh lebih terjangkau. Mengingat, Sobat Parekraf bisa mendapatkan fasilitas, pengalaman, sekaligus banyak ilmu yang bermanfaat sebagai bekal masa depan.

Kegiatan belajar bahasa di Kampung Inggris menjadi langkah awal yang sangat baik, terutama dalam membuka peluang kerja di masa depan. Pasalnya, kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni merupakan bekal penting menjadi tour guide profesional untuk mengenalkan pariwisata Indonesia secara lebih luas ke wisatawan mancanegara.

Di samping itu, lahirnya bibit unggul dari Kampung Inggris juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Karena, kita tidak sekadar mengenalkan pariwisata secara lebih luas. Tapi membangun narasi dan menciptakan storynomics tourism kepada wisatawan mancanegara yang berkunjung. Sehingga, dapat memberikan pengalaman berlibur yang lebih berkesan bagi wisatawan. *

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.