Masyarakat Diimbau tetap Jaga Keramahan dan Sikap Positif ke Wisatawan

Menparekraf Sandiaga Uno mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap menjaga keramahan yang menjadi identitas budaya bangsa Indonesia dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (13/3).

Jakarta (Lokapalanews.com) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap menjaga keramahan yang menjadi identitas budaya bangsa Indonesia dan perilaku positif kepada seluruh wisatawan yang berkunjung ke tanah air.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga merespons ulasan negatif turis asing asal Malaysia ketika berwisata di daerah Jakarta.

banner 728x250

Menparekraf Sandiaga dalam “The Weekly Brief with Sandi Uno”, Senin (13/3), menghargai setiap masukan dan memandang ulasan tersebut sebagai kesempatan untuk meningkatkan dan memperbaiki sistem dan layanan pariwisata Indonesia.

Untuk itu, penting bagi semua pihak menyikapinya dengan santun, positif, dan konstruktif.

“Penting sekali menjaga keramahan, kenapa? Karena wisatawan Malaysia itu nomor satu yang paling banyak ke Indonesia. Jadi kita terus menjadi bangsa yang ramah terhadap kritik, tapi selalu berusaha menjadi yang terbaik,” kata Sandiaga.

Wisatawan mancanegara asal Malaysia sering mendominasi jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia. Menurut data dari BPS, pada tahun 2023, jumlah wisatawan mancanegara asal Malaysia yang mengunjungi Indonesia tercatat total 1.901.242 orang. Angka ini menjadikan Malaysia sebagai peringkat pertama negara penyumbang wisman ke Indonesia, kemudian disusul oleh Australia dan Singapura.

Menparekraf Sandiaga pun akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Jakarta untuk memastikan semua temuan yang menjadi pengaduan atau ketidaknyamanan wisatawan asal Malaysia tersebut dapat diatasi dengan baik.

“Tentunya kami akan bekerja sama dengan semua pihak guna memastikan bahwa Indonesia ini adalah tempat yang aman, nyaman, menyenangkan bagi wisatawan,” jelas Sandiaga. *

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.