Ragam  

Ratusan Siswa Calon Paskibraka di Buleleng Ikuti Tes Wawasan Kebangsaan Pancasila

Ratusan siswa/siswi calon Paskibraka di Buleleng mengikutites wawasan kebangsaan Pancasila. Tes wawasan kebangsaan adalah salah satu aspek penting dalam menilai kelolosan peserta seleksi Paskibraka di Kabupaten Buleleng menuju tahap selanjutnya.

Buleleng (Lokapalanews.com) – Tes wawasan kebangsaan adalah salah satu aspek penting dalam menilai kelolosan peserta seleksi Paskibraka di Kabupaten Buleleng menuju tahap selanjutnya. Di mana dalam tes ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan mengambil soal-soal dari Bank Soal yang disediakan secara online oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Pusat.

Tak tanggung-tanggung sebanyak 238 siswa-siswi dari seluruh SMA/SMK dan Madrasah se-Buleleng yang sudah lolos administrasi mengambil bagian mengikuti test tersebut yang berlangsung selama 2 hari dari tanggal 13-14 Maret 2024 di SMK Negeri 2 Singaraja. Dimana jumlah ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari tahun sebelumnya.

banner 728x250

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Buleleleng, Komang Kappa Tri Aryandono ditemui di sela pemantauan seleksi wawasan kebangsaan mengatakan bahwa ada peningkatan signifikan jumlah peserta seleksi tahun ini dua kali lipat. Hal itu didasari juga dari juknis BPIP Pusat sehingga hasilnya sangat transparan dan langsung kelihatan hasilnya.

“Tidak seperti sebelumnya yang menggunakan sistem manual, kini karena sudah diatur pusat jadi sudah ditentukan nilai passing grade diatas 70% dipastikan lulus ke tahap selanjutnya dan seluruh sekolah boleh mengikutinya,” katanya.

Ia menyebutkan, Pemkab Buleleng pada tahun ini menargetkan 70 peserta anggota paskibraka. Di mana setelah tahapan seleksi wawasan kebangsaan pada hari ini akan dilanjutkan tes wawasan intelejensi, kesehatan, parade, PBB dan terakhir tes kepribadian minat dan bakat sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Semangat membara dikemukakan oleh salah satu peserta seleksi dari Sekolah SMA Negeri 2 Busungbiu Anak Agung Gede Wira Putra. Ia mengatakan bahwa sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari saking tekadnya yang sangat ingin menjadi anggota Paskibraka.

“Saya terus berlatih di sekolah, baik dari baris berbaris dan mempersiapkan soal untuk tes hari ini. Saya yakin bisa menjadi anggota Paskibraka,” harapnya penuh optimis. *

 

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.