Tindak Tegas, Oknum ASN BPN yang Lakukan Kecurangan

Anggota Komisi II DPR RI Rosiyati MH Thamrin.

Banjarmasin (Lokapalanews.com) – Oknum ASN di Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang melakukan kecurangan dan pungli harus di tindak tegas, supaya ada efek jera dan bisa menjadi contoh untuk oknum-oknum di daerah lain. Demikian diungkapkan Anggota Komisi II DPR RI Rosiyati MH Thamrin, baru-baru ini.

“Prosedur harus ditindak kalau misalnya ada ASN yang berbuat sedemikian itu ketahuan, ditindak tegas kalau perlu dicabut ASN-nya supaya ada rasa jera,” ujar Rosi usai Rapat dengan BPN di ruang Rapat Hotel Aston Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (20/3).

banner 728x250

Rosi mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa selama ini jika mereka ingin mengurus validasi dari sertifikat mereka, mereka harus bayar dan untuk jangka waktu penyelesaiannya tergantung dari nominal yang diberikan oleh masyarakat tersebut.

“Setiap kita mau kredit ada cek validasi sertifikat, ada cek keaslian sertifikat itu bayar, kalau misal kita bayar dengan nominal sekian, bisa satu hari, bisa seminggu, bisa sebulan tergantung berapa nominal yang kita kasih kepada BPN,” ujar Rosi.

Menurut Rosi perlu adanya reformasi di dalam BPN dan reformasi untuk SOP dalam penerbitan sertifikat dalam pengecekan dan dalam pengalihan hak dan sebagainya.

“Padahal kalau perusahaan swasta ada sedikit saja kesalahan, peringatan pertama, kedua, ketiga dipecat, Kenapa ASN tidak bisa dipecat? mestinya ASN itu harus ditindak tegas, Kalau memang dia berbuat kesalahan satu kali dua kali tiga kali ya udah dicabut saja ASN-nya, banyak calon-calon asisten yang punya karakter yang bermoral,” kata Rosi. *

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.
Baca juga:  KTT Ke-43 ASEAN Siap Digelar