Himatika Universitas Respati Yogyakarta Gelar Workshop Mobirise untuk Pengembangan Website bagi Mahasiswa

Himatika Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) menggelar workshop penggunaan platform Mobirise untuk pengembangan website bagi mahasiswa, Sabtu (20/4).

Yogyakarta (Lokapalanews.com) – Himpunan Mahasiswa Program Studi Informatika (Himatika) Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) menggelar workshop penggunaan platform Mobirise untuk pengembangan website bagi mahasiswa yang bertajuk “Meningkatkan Kapabilitas dan Kompetensi Mahasiswa Melalui Penguasaan Teknologi Informasi”.

Kegiatan tersebut digelar di Laboratorium Komputer Kampus 1 UNRIYO, Jln. Laksda Adisucipto KM.6,3 Ambarukmo, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (20/4).

banner 728x250
Peserta workshop didampingi tim instruktur dari Himatika Universitas Respati Yogyakarta.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNRIYO, Sugeng Winardi, S.Kom., M.T., dan Ketua Program Studi Informatika, R. Nurhadi Wijaya, S.T., M.Kom., beserta sejumlah dosen.

Workshop ini digelar dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa Prodi Informatika dalam menggunakan platform Mobirise untuk membuat website statis yang menarik dan fungsional. Mobirise merupakan salah satu platform pembuatan website yang user-friendly dan cocok digunakan oleh pemula sekalipun.

Dalam workshop ini, peserta diajarkan langkah-langkah dasar dalam membuat website mulai dari desain, pengaturan layout, integrasi konten, hingga proses publishing. Selain itu, mereka juga dibimbing untuk memanfaatkan fitur-fitur khusus yang ditawarkan oleh Mobirise untuk meningkatkan kualitas dan kegunaan website. Peserta workshop diarahkan tim instruktur Himatika selaku penyelenggara.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UNRIYO, Sugeng Winardi, berharap workshop penggunaan Mobirise untuk pembuatan website ini dapat diikuti dengan baik sehingga dapat mencapai target penyelesaian Tugas Kuliah Kerja Praktik di lapangan khususnya dalam pembangunan sebuah website suatu lembaga atau institusi tempat melaksanakan kuliah kerja praktik.

Ia juga berpesan, agar mahasiswa dalam melaksanakan kerja praktik sesuai dengan target waktu yang ditentukan. “Mahasiswa juga diharapkan dapat menjaga dan memperkuat citra UNRIYO khususnya Prodi Informatika dalam menyiapkan suatu website yang memudahkan akses informasi bagi masyarakat atau yang membutuhkan informasi instansi tempat mahasiswa melaksanakan kerja praktik,” katanya.

Ketua Program Studi Informatika, R. Nurhadi Wijaya mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dan bergantian. Mahasiswa yang menjadi penyelenggara saat ini adalah peserta untuk kegiatan yang sama tahun sebelumnya.

“Kegiatan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan penerapan teknologi informasi bagi mahasiswa. Di samping itu juga mahasiswa harus mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat khususnya di bidang pengembangan suatu website,” katanya.

Dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta, workshop Mobirise ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang berhasil dalam upaya memperbarui dan meningkatkan kemampuan pengembangan suatu web bagi mahasiswa Prodi Informatika Universitas Respati Yogyakarta. *102

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.