Hukum  

Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.
Jakarta (Lokapalanews.com) – Polri akan menggelar Operasi Terpusat Puri Agung 2024 dalam rangka pengamanan kegiatan World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024 di Bali. WWF kali ini akan dihadiri delegasi dan peserta dari 43 kepala negara, 4 organisasi internasional, 194 menteri, 50.000 peserta aktif dan 30.000 pengunjung.

“Operasi Puri Agung 2024 akan dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 17 sampai dengan 26 Mei 2024 yang dipimpin oleh Kabaharkam Polri selaku kepala operasi, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman,” ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Mabes Polri, Kamis (25/4).

Karopenmas mengatakan, tujuan dari pelaksanaan Ops Puri Agung 2024 ini yaitu untuk menjamin keamanan penyelenggaraan rangkaian kegiatan WWF ke-10. Selain itu menjamin keamanan, keselamatan serta kenyamanan para kepala negara, menteri dan delegasi yang hadir.

banner 728x250

Lebih lanjut, Karopenmas mengatakan, ada 10 satuan tugas (satgas) yang dibentuk dalam Operasi Puri Agung 2024. Yakni Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgaspam Walrolakir, Satgaspam Tindak, Satgaspam Gakkum, Satgaspam Anti Teror, Satgas Humas, Satgas Banops, Satgaswil Jatim, dan Satgaswil NTB.

Satgas tersebut, kata Karopenmas, terdiri dari personel Mabes Polri, Polda Bali, Polda Jatim, Polda NTB. Polri dibantu oleh stakeholder terkait.

“Polri melibatkan personel dari Mabes Polri, Satwil Polda Bali, Polda Jatim dan Polda NTB, serta bersinergi dengan Paspampres, TNI, BNPT, BSSN, BNPB, Kementerian/Lembaga dan stakeholder terkait,” katanya.

Adapun jumlah personel polri yang dikerahkan yaitu sebanyak 5.791 personel. Dengan rincian Mabes Polri 2.485 personel, Polda Bali 2.706 personel, Polda Jatim 300 personel, Polda NTB 300 personel.

Karopenmas berharap pelaksanaan WWF diharapkan mampu menghasilkan dampak yang baik seperti saat pelaksanaan G-20 tahun lalu, sehingga berdampak positif bagi indonesia.

“Mari kita dukung bersama dan sukseskan kegiatan WWF ke-10 ini dengan menjaga situasi kamtibmas Bali agar tetap aman dan kondusif,” katanya. *705

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.