Indonesia dan Brazil Berbagi Pengalaman dalam Pengentasan Kemiskinan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat bertemu dalam suasana yang sangat akrab dengan Menteri Luar Negeri Brazil Mauro Vieira.

Jakarta (Lokapalanews.com) – Di sela-sela pertemuan Tingkat Menteri Organisation for Economic Cooperation and Develoment (OECD) di Paris, Kamis (2/5), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dalam suasana yang sangat akrab dengan Menteri Luar Negeri Brazil Mauro Vieira.

Menlu Brazil menyampaikan dukungan atas aksesi Indonesia pada OECD sementara Menko Airlangga menyampaikan dorongan semangat atas Presidensi G20 Brazil pada tahun ini. Kedua Menteri membahas berbagai hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perdagangan dan investasi kedua negara, antara lain melalui sektor energi, pertanian dan perkebunan.

banner 728x250

Kedua Menteri juga membahas isu-isu ketahanan pangan dan pengentasan kemiskinan, di mana kedua negara dapat berbagi pengalaman.

“Salah satu program strategis nasional yang sedang menjadi prioritas Indonesia adalah food estate. Pemerintah Indonesia juga akan mencanangkan program pembagian makanan dan susu kepada anak-anak sekolah. Lebih lanjut, Indonesia juga terus menerus berupaya untuk pengentasan kemiskinan. Ini memerlukan manajemen yang baik dan technical capabilities yang mumpuni,” tegas Menko Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/5).

Menanggapi hal tersebut, Menlu Brazil juga berbagi pengalaman tentang populasi masyarakat miskin Brazil yang cukup signifikan, dimana Pemerintah perlu menghidupi dan menjamin ketahanan pangan. “Indonesia dan Brazil dapat berbagi pengalaman untuk menangani pengentasan kemiskinan di masing-masing negara,” ungkap Menteri Vieira.

Menlu Brazil menyampaikan undangan kiranya Presiden RI dapat menghadiri KTT G20 yang akan diselenggarakan di Brazil. “Kita memiliki kepentingan bersama dalam berbagai sektor kerja sama. Untuk itu, kami mengundang Presiden Indonesia untuk menghadiri KTT G20 di Brazil,” ujar Menlu Vieira.

Sebagai catatan, Indonesia dan Brazil telah menandatangani Bilateral Plan of Action Indonesia-Brazil 2023-2026 pada bulan Mei 2023. Perjanjian ini memfasilitasi penguatan berbagai kerja sama kedua negara pada beberapa bidang prioritas antara lain sustainable agriculture, clean energy, digital economy, dan pengembangan proyek IKN di Indonesia.

Turut hadir dalam pertemuan ini Wakil Menteri Perdagangan RI, Duta Besar RI Paris dan Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian. Menteri Mauro didampingi oleh para pejabat dan jajaran dari Kementerian Luar Negeri, Brazil. *802

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.