Kendaraan Rantis Lapis Baja Kawal World Water Forum Ke-10

TNI memberangkatkan kendaraan Rantis Lapis Baja dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Benoa Bali, untuk membantu pengamanan World Water Forum ke-10 di Bali. Foto: Istimewa/HO Infopublik.id.

Jakarta (Lokapalanews.com) – Tentara Nasional Indonesia (TNI) memberangkatkan puluhan Kendaraan Taktis (Rantis) lapis baja dan motor kawal listrik dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (11/5) menuju Bali guna mengawal event World Water Forum ke-10.

Kendaraan-kendaraan tersebut diberangkatkan menggunakan empat Kapal Republik Indonesia (KRI) milik TNI Angkatan Laut (AL); KRI Banjarmasin-592, KRI Makassar-590, KRI Banda Aceh-593, dan KRI Teluk Bintuni-520, dan diperkirakan akan tiba di pelabuhan Tanjung Benoa, Bali, pada 14 Mei 2024 mendatang.

banner 728x250

Adapun jenis Rantis yang diberangkatkan keempat KRI tersebut meliputi Ransus CBRNE Sprinter 516, Ransus Lidik Kizi Nubika, Ran Elf (satwa), Ranpur Anoa, Ransus Jihandak Ivader+ Bom Trailer, Motor listrik (POM), Motor listrik (Matan), Mobil listrik (POM), dan Sea Rider + truk penarik.

Dilansir InfoPublik, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI yang juga Komandan Satgas Penerangan Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP World Water Forum ke-10 Mayjen TNI Nugraha Gumilar, mengungkapkan selain menyiapkan prajurit dan kendaraan dukung, pihaknya pun menyiagakan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista).

“Alutsista yang ada seperti pesawat untuk persiapan kalau ada evakuasi ada bencana alam atau erupsi gunung. Pengamanan di laut juga kita siapkan kapal-kapal kita kerahkan. KRI-KRI dikerahkan di Selat Bali dan Selat Lombok,” terang Kapuspen TNI dalam keterangan tertulisnya. *101

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.
Baca juga:  Ini Solusi Atasi Macet Parah di Tol Bali Mandara