Daerah  

Lestarikan Seni Budaya dan Kearifan Lokal, Samsat Tabanan Persembahkan Rejang Taksu Bhuwana

Tari Rejang Taksu Bhuwana yang ditampilkan ibu-ibu di Kantor Samsat Tabanan saat persembahyangan di Pura Taksu Swagina, Kantor Samsat Tabanan, Rabu (22/5).

Tabanan (Lokapalanews.com) – Sebagai wujud melestarikan seni dan budaya Bali serta menghormati kearifan lokal, Kantor Sistem Administrasi Manunggal di Bawah Satu Atap (Samsat) Tabanan mempersembahkan Tari Rejang Taksu Bhuwana, sesaat sebelum dimulainya persembahyangan di Pura Taksu Swagina, Kantor Samsat Tabanan, Rabu (22/5).

Kepala Samsat Tabanan I Ketut Sadar, S.Sos., M.H., yang memimpin langsung pelaksanaan kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan yang dilakukan ibu-ibu staf Kantor Samsat Tabanan yang menampilkan tari Rejang Taksu Bhuwana saat ini adalah sebagai kegiatan rutin pada saat hari Purnama dan hari Tilem. Sebelum melakukan persembahyangan bersama dalam rangka hari Purnama ini, ibu-ibu dari staf Samsat Tabanan mempersembahkan Tari Rejang Taksu Bhuwana. “Hal ini bertujuan agar para ibu-ibu bisa terampil dalam menari rejang Taksu Bhuwana, sehingga nantinya bisa dimanfaatkan di masyarakat, sebagai bekal untuk turut serta ngayah baik di pura ataupun lingkungan banjar saat ada kegiatan karya ataupun pujawali/odalan,” kata sang inovator Samsat Tabanan ini.

banner 728x250

Ia menambahkan, tari Rejang Taksu Bhuwana ini merupakan penghormatan terhadap kearifan lokal dan melestarikan seni budaya Bali. “Makin sering kita melakukan persembahan tari ini, secara otomatis pula dapat melatih diri untuk keterampilan menari pada ajang tertentu. Dengan cara demikian, ibu-ibu staf Samsat Tabanan tidak memerlukan waktu khusus untuk berlatih tari. Tampilan tari Rejang Taksu Bhuwana ini pula sebagai cermin kita untuk turut berpartisipasi dalam melestarikan budaya dan kesenian Bali,” kata pria yang senang menekuni dunia spiritual ini.

“Hal ini sebagai wujud syukur kami dan Samsat Tabanan, kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa yang telah asungkertha waranugraha memberikan keselamatan, kesehatan kerahayuan, sehingga kami bisa mengemban tugas pelayanan kepada masyarakat, dan telah memberikan anugerah Samsat Tabanan mendapatkan capaian BBN-KB tertinggi se Bali, begitu pula dengan Indeks Kepuasan masyarakat (IKM) sampai dengan saat ini memperoleh capaian tertinggi, yaitu 88,55 Triwulan l tahun 2024,” katanya. *R119

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.
Baca juga:  Kapolres Buleleng Berikan Perhatian Anggota Polri yang Sakit dan Warakawuri