Ekbis  

Optimisme Konsumen tetap Kuat

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Mei 2024 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Jakarta (Lokapalanews.com) – Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Mei 2024 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Hal ini tecermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2024 sebesar 125,2 dan berada dalam level optimis (>100),” ujar Asisten Gubernur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, Senin (10/6).

Erwin menambahkan, tetap kuatnya keyakinan konsumen pada Mei 2024 didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

“Kedua indeks tersebut tetap kuat didukung oleh optimisme pada seluruh komponen pembentuknya,” ujar Erwin, dilansir InfoPublik.

Ia menjelaskan, pada Mei 2024 keyakinan konsumen terpantau tetap optimis pada seluruh kategori pengeluaran.

“Optimisme tertinggi tercatat pada responden dengan pengeluaran Rp 4,1-5 juta,” kata Erwin.

Berdasarkan usia, lanjut Erwin, keyakinan konsumen pada Mei 2024 juga terpantau optimis pada seluruh kelompok usia. Secara spasial, IKK meningkat di beberapa kota yang disurvei, terbesar di Kota Manado (9,6 poin), diikuti Makassar (5,8 poin) dan DKI Jakarta (2,8 poin). *101

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.