Disdikpora Kota Denpasar Antisipasi Keterlibatan Pelajar dalam Geng Jalanan dan Aksi Kriminalitas

Disdikpora Kota Denpasar melakukan langkah antisipasi keterlibatan para pelajar dalam geng jalanan dan aksi kriminalitas yang digelar di SMP PGRI 5 Denpasar, Rabu (19/6).

Denpasar (Lokapalanews.com) – Tindak kriminalitas geng jalanan yang notabene masih pelajar di Kota Denpasar terus meningkat. Guna mengantisipasi hal tersebut, Disdikpora Kota Denpasar mengumpulkan Kepala Sekolah se-kota Denpasar bertempat di SMP PGRI 5 Denpasar, Rabu (19/6). Hal tersebut sebagai upaya antisipasi keterlibatan siswa/ pelajar dalam aksi kriminal jalanan.

Kabid Pembinaan SMP Disdikpora Kota Denpasar, AA Putu Gede Astara, S.T., mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk menyatukan persepsi dan langkah-langkah dalam melakukan pengawasan ketat terhadap para pelajar di Kota Denpasar. Mengingat kondisi keamanan Kota Denpasar kian mengkhawatirkan terutama pada malam hari. Aksi dari kelompok-kelompok geng jalanan yang kerap melakukan aksi street crime, vandalisme, dan perkelahian antar-kelompok geng membuat masyarakat menjadi semakin resah.

Beberapa waktu lalu Polsek Denpasar Utara meringkus kelompok geng jalanan yang bernama GAZA yang akan melakukan tawuran, setelah dilakukan pengecekan ditemukan senjata tajam jenis samurai yang dibawa oleh salah satu anggota geng tersebut.

Ironisnya para pelaku masih remaja dan masih duduk di bangku sekolah. Ini dibuktikan dengan keterlibatan pelajar dalam tindakan kriminal geng jalanan.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyatukan persepsi dan langkah-langkah dalam melakukan pengawasan ketat terhadap para pelajar di Kota Denpasar, ” kata Astara.

Untuk itu semua pihak perlu dilibatkan untuk melakukan pengawasan agar pelajar tidak sampai melakukan tindakan melanggar hukum. “Tak hanya oleh guru di sekolah, pengawasan juga sangat penting dilakukan oleh orang tua dan keluarga,” katanya. *102

 

Dapatkan kabar terbaru di Lokapalanews WhatsApp Channel.