Hukum  

Labfor Polda Bali Lakukan Penyelidikan Penyebab Ledakan Gudang LPG di Denpasar

Kabid Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Bali, Kombes Pol I Nyoman Sukena, S.I.K.

Denpasar (Lokapalanews.com) – Kabid Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Bali, Kombes Pol I Nyoman Sukena, S.I.K., mengungkapkan proses penyelidikan penyebab ledakan hingga memicu kebakaran gudang LPG di Jalan Taman Cargo I, Denpasar, sudah selesai dilakukan. Hasil penyelidikan tersebut sudah diserahkan ke Polresta Denpasar.

“Asal api dan arah ledakan sudah tahu. Pemeriksaan sudah selesai dan sudah diserahkan ke penyidik,” ungkap Kombes Pol I Nyoman Sukena, dilansir Tribratanews, Kamis (20/6).

banner 728x250

Kombes Pol I Nyoman Sukena juga mengatakan hasil penyelidikan juga sudah melalui proses olah tempat kejadian perkara (TKP) sebanyak tiga kali dan selama pemeriksaan tersebut, petugas meneliti beberapa sampel barang bukti. Salah satunya, tabung gas 50 kilogram dengan penutup berbentuk katup.

Kabid Labfor Polda Bali tidak menjelaskan lebih detail terkait hasil temuan tim Labfor setelah tiga kali memeriksa lokasi kejadian, karena Secara teori, Sukena berujar, tabung LPG yang bocor akan mengeluarkan gas. Ledakan dari kebocoran itu dapat terjadi jika ada pemicu dan komposisi kebocoran gas yang tepat. Komposisi kebocoran yang dimaksud termasuk tekanan gasnya.

“Kami sudah olah TKP, periksa barang bukti, dan buat berita acara. Penyebab ledakan dan kebakaran juga. Lebih lengkapnya, silakan konfirmasi ke penyidik. Jadi, ada komposisi tertentu di dalam (semburan kebocoran) gas yang memicu ledakan. Dalam suhu, kepadatan, dan jarak tertentu pasti meledak. Kasus begini sering terjadi. Kena korek api sedikit, pasti nyembur,” jelasnya Kabid Labfor Polda Bali. *105

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Lokapalanews.com WhatsApp Channel di ponsel Anda.
Baca juga:  Kasus Judi Online di Indonesia Turun 404 Kasus