Prodi S1 Sastra Inggris Unwar Raih Akreditasi Unggul

Program Studi Sastra Inggris Fakultas Sastra pada Program Sarjana (S1) Universitas Warmadewa (Unwar) berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Denpasar (Lokapalanews.com) – Program Studi (Prodi) Sastra Inggris Fakultas Sastra pada Program Sarjana (S1) Universitas Warmadewa (Unwar) berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sertifikat Akreditasi Unggul Prodi Sastra Inggris berdasarkan Surat Keputusan Dewan Eksekutif BAN-PT No. 4721/SK/BAN-PT/Ak/S/VI/2024, dan berlaku sejak 25 Juni 2024 sampai dengan 25 Juni 2029.

Dekan Fakultas Sastra Unwar, Dr. Drs. I Wayan Ana, M.Hum., didampingi Kaprodi Sastra Inggris, Dewa Ayu Kadek Claria, S.S., M.Hum., mengaku bersyukur karena berkat perjuangan dan kerja keras bersama akhirnya Prodi Sastra Inggris meraih akreditasi unggul. Dikatakan, raihan akreditasi unggul ini menandakan bahwa proses Tri Dharma Perguruan Tinggi di Fakultas Sastra, khususnya di Prodi Sastra Inggris telah terpenuhi sesuai dengan standar, sehingga mutu pencapaian yang ditetapkan telah terpenuhi dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari dukungan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, yang mana Prodi Sastra Inggris didukung oleh 23 orang dosen, dan 18 orang di antaranya telah bergelar doktor (S3), sisanya kini sedang menempuh pendidikan doktor.

Dengan raihan akreditasi unggul ini, dikatakan akan menjadi kunci bagi para lulusan bahwa mereka telah menjadi lulusan yang bermutu untuk bersaing di dalam dunia kerja, sedangkan bagi calon mahasiswa baru akan memilih Prodi Sastra Inggris ini sebagai pilihan yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan mereka pada program sarjana. “Unggul ini sebagai kunci bagi kami untuk berkembang ke depannya. Lulusan kami akan jauh lebih kerkualitas dan memiliki daya saing yang lebih kompetitif, tidak hanya fasih dalam berbahasa inggris, tetapi juga menjadi tenaga ahli di bidang perhotelan, dan itu sudah kami buktikan,” ujarnya.

Apalagi, Fakultas Sastra Unwar dan Prodi Sastra Inggris pada khususnya telah memiliki Warmadewa International Program (WIP). Program ini telah berjalan dan diminati oleh mahasiswa asing yang ingin belajar semua mata kuliah yang ditawarkan dan belajar tentang budaya Bali. Manfaatnya, mahasiswa asing ini akan ikut membantu mengembangkan Unwar go global.

Setelah mendapatkan akreditasi unggul ini, dikatakan tantangan ke depan akan semakin berat, terutama bagaimana mampu mempertahankan dan meningkatkan keunggulan ini. Untuk itu, Fakultas Sastra Unwar akan mendirikan prodi baru, yaitu Prodi Ilmu Komunikasi Kemasyarakatan. Prodi ini erat hubungannya dengan kehumasan, public relation, jurnalisme, dan lainnya yang berkaitan dengan kemasyarakatan. Prodi ini akan menjadi prodi kolaboratif, karena akan ada konten creator dan youtuber masuk ke dalam prodi ini.

Rektor Unwar Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., mengucapkan selamat kepada seluruh pimpinan Prodi S1 Sastra Inggris atas raihan Akreditasi Unggul. Dikatakan, akreditasi unggul ini akan menambah geliat aktivitas di Unwar untuk mewujudkan visi Unwar yang bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing tingkat Asia Tenggara tahun 2026 menuju go global tahun 2034.

Diharapkan, capaian ini akan terus mengalir dan menjadi vibrasi kepada Prodi lainnya yang ada di Unwar untuk bisa segera meraih peningkatan status akreditasi unggul. Sebab, dengan raihan akreditasi unggul ini Prodi bersangkutan tidak diragukan lagi untuk dijadikan tempat menempuh pendidikan tinggi oleh masyarakat. Di samping juga mahasiswa yang menyelesaikan studi mulai tahun ajaran baru 2024/2025, hingga 5 tahun ke depan sudah menyandang lulusan dengan akreditasi unggul dalam ijazahnya. “Semoga capaian ini akan menjadi tonggak keberhasilan capaian-capaian di tahun berikutnya,” kata Prof. Pandit. *340

Dapatkan kabar terbaru di Lokapalanews WhatsApp Channel.