Kolom  

Lima Tips Genjot Ekspor UMKM

Untuk meningkatkan aktifitas ekspor, UMKM disarankan masuk ke dalam pelbagai komunitas agar bisa saling belajar pengalaman dan tips satu sama lain. Antara Foto/ Hasrul Said.
MENTERI Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, jumlah UMKM di Indonesia saat ini mencapai 65,5 juta UMKM. Namun dari jumlah itu, baru 10,3 juta atau sekitar 15,7 persen UMKM yang sudah mempu melakukan ekspor. Pembiayaan masih menjadi kendala bagi kalangan UMKM yang akan menjual produk mereka ke pasar global.

Adapun salah satu tantangan terbesar UMKM lainnya dalam melakukan ekspor adalah kuantitas yang harus mencapai jumlah produksi dalam skala besar. Persoalan prosedur dan birokrasi yang melibatkan banyak pihak seperti Bea Cukai, Kementerian Perdagangan, BPOM dan instansi terkait lainnya. Oleh karena itu, UMKM disarankan masuk ke dalam pelbagai komunitas agar bisa saling belajar pengalaman dan tips satu sama lain.

Berikut ini ada lima jaringan komunitas ekspor yang dilansir dari laman ukmindonesia.id, yang dapat digunakan untuk memperluas jejaring, pengalaman, dan akses ekspor bagi pelaku UMKM. Jaringan komunitas ekspor adalah perkumpulan dari para pengusaha/pelaku bisnis yang memiliki visi dan misi yang sama, yaitu melakukan dan meningkatkan kapasitas ekspor ke luar negeri. Setiap anggotanya memiliki keterkaitan satu sama lain, memiliki komitmen bersama untuk saling berbagi informasi, dan bertukar pikiran mengenai kendala ekspor yang sedang dihadapi.

Biasanya, jaringan komunitas ekspor memiliki platform khusus untuk memudahkan saling berkirim informasi secara dua arah, yakni di grup WhatsApp (WA) dan Telegram. Berikut ini ada lima komunitas yang bisa digunakan untuk memperluas koneksi dan memperbesar skala bisnis:

  1. Komunitas Bisa Ekspor

Komunitas bisa ekspor bisa dibilang merupakan jaringan komunitas ekspor terbesar saat ini di Indonesia. Bagaimana tidak, akun instagramnya sendiri yang bernama @komunitasbisaekspor telah diikuti oleh lebih dari 400.000 orang.

Komunitas ini telah membantu banyak pelaku bisnis dari berbagai kalangan, mulai dari suami istri, guru honorer, karyawan swasta, ojek online, hingga anak pesantren. Hal ini menandakan bahwa siapa saja bisa melakukan ekspor, asalkan tahu betul bagaimana strateginya dan memiliki persiapan yang cukup.

Melalui platform instagram Komunitas Bisa Ekspor, mereka juga aktif mengadakan permodalan ekspor secara resmi, webinar gratis tentang transformasi bisnis, konsultasi ekspor melalui DM (Direct Message), dan masih banyak lagi program gratis lainnya yang bisa pelaku UMKM ikuti. Bahkan, banyak dari anggota komunitasnya yang sudah terbukti sukses mengekspor produk bisnisnya hingga ke berbagai negara. Bagi yang tertarik untuk bergabung komunitas ini, bisa mengunduh aplikasi bisa ekspor, membuat akun, lalu yang terakhir mendaftar sebagai anggota di aplikasi tersebut.

  1. UKM Eksportir Indonesia

UKM Eksporter Indonesia merupakan perusahaan berbadan PT yang juga membantu banyak pelaku bisnis untuk akselerasi ekspor ke berbagai negara. Akun instagramnya sendiri telah diikuti oleh ratusan ribu pengikut.

Sama seperti komunitas lainnya, UKM Eksporter Indonesia juga aktif mengadakan kopdar (kopi darat) dengan berbagai UMKM, workshop, hingga sesi konsultasi dengan berbagai pakar yang pengalaman di bidangnya. Para anggota dari komunitas ini juga sudah banyak yang pecah telur, lho. Bahkan ada yang masih kuliah namun sudah mengekspor vanilla bean hingga ke 17 negara.

UKM Eksporter Indonesia cukup berbeda dengan komunitas ekspor lainnya. Hal ini karena mereka lebih memfokuskan untuk ekspor sesuatu yang mudah dicari di Indonesia, yang jumlahnya berlebih, namun sangat dibutuhkan di luar negeri. Produk yang dimaksud adalah berupa serabut kelapa, anyaman bambu, limbah, dan masih banyak lagi. Bagi pelaku UMKM yang tertarik untuk bergabung, bisa klik tautan yang ada di bio instagram UKM Eksporter Indonesia.

  1. Ekspor.id

Akun Instagram yang sudah diikuti lebih dari 27.000 pengikut ini aktif mengadakan program-program online untuk mempermudah pelaku ekspor. Bahkan tak jarang mereka mengadakan kelas gratis yang bisa diikuti hingga 30 peserta, lalu seluruh peserta akan dimasukkan ke dalam grup khusus untuk saling bertukar informasi.

Platform digital edukasi dan akselerasi ekspor ini juga sering berbagi kisah sukses para alumninya sebagai cerita inspirasi. Hal ini sangat berguna bagi Sahabat Wirausaha yang mungkin terkadang kehilangan motivasi saat berjuang menjalani proses ekspor. Tidak hanya itu, ekspor.id juga berbagi informasi lengkap tentang regulasi ekspor, sertifikasi produk untuk pelaku UMKM, pengetahuan tentang pengelolaan keuangan, pengurusan legalitas, logistik ekspor, dan masih banyak lagi.

Ekspor.id juga cukup sering mengadakan kompetisi/lomba untuk para UMKM guna meningkatkan daya saing dan inovasi, dengan hadiah berupa uang yang nominalnya lumayan untuk modal usaha. Wah, bisa dicoba nih! Jika tertarik untuk bergabung, bisa mengikuti akun Instagram mereka dengan nama @ekspor.id.

  1. Akademi Mudah Ekspor

Jaringan komunitas ekspor lainnya yang bisa diikuti adalah akademi mudah ekspor. Komunitas ini telah memiliki anggota hingga lebih dari 11.000 orang. Sama seperti komunitas ekspor lainnya, mereka juga memiliki program-program bermanfaat yang bisa diikuti anggotanya secara online, seperti webinar, workshop, hingga business matching.

Salah satu pencapaian terbesar komunitas ini adalah berhasil menjadi bagian dari pameran halal terbesar di dunia, yang digelar di Malaysia. Webinar yang diselenggarakan juga tidak main-main, karena menghadirkan langsung atase perdagangan dari berbagai negara, mulai dari Jerman, China, Australia, Arab, dan masih banyak lagi.

Para pelaku UMKM bisa mengunjungi akun instagram @akademimudahekspor. Komunitas ini juga aktif berbagi konten bermanfaat tentang tips strategis memilih forwarder, berbagi informasi mengenai program pemerintah seputar ekspor, tips mendapatkan data buyer, dan masih banyak lagi. Bahkan, platform ini juga seringkali mengadakan giveaway atau bagi-bagi gratis materi lengkap panduan ekspor di akun Instagram mereka.

  1. Sekolah Ekspor

Jaringan komunitas ekspor yang bisa UMKM ikuti lainnya adalah sekolah ekspor. Komunitas ini memiliki 9.000 pengikut di Instagram dan memiliki banyak agenda pertemuan baik secara daring maupun luring. Agenda tersebut antara lain sekolah ekspor PPI Dunia, Export Startup Matching, dan masih banyak lagi. Bagi pelaku UMKM yang tinggal di sekitar Jabodetabek, maka komunitas ini sangat cocok untuk diikuti. Pasalnya, mereka sering mengadakan pelatihan ekspor luring di ICE BSD City, Tangerang.

Bagi yang tertarik bergabung bisa mendaftar lewat situs resminya https://sekolahekspor.com/ atau bisa menghubungi nomor WhatsApp yang tertera di situs resminya atau di bio instagram @sekolah_ekspor. (Sumber: indonesia.go.id)

Penulis: Kristantyo Wisnubroto
Redaktur: Ratna Nuraini/Elvira Inda Sari

Dapatkan kabar terbaru di Lokapalanews WhatsApp Channel.